Makanan Favorit Insya Allah Sepanjang Masa

Indonesia terkenal dengan rempah-rempah aneka rupa. Sebab itulah, masakan Indonesia pun menjadi beragam citarasa. Sedap nian pokoknya.

Memiliki beragam teman dari berbagai kebudayaan ternyata juga memberikan pengalaman aneka rasa di lidah, tetapi tetap saja, ada beberapa makanan favorit yang mengena di lidah Mamah Rani. Apakah itu? Adakah rasa kita yang sama?

Inilah makanan favorit yang insyaAllah sepanjang masa



SOTO AYAM / SOTO KERBAU


Setiap daerah memiliki soto dengan ciri khas masing-masing. Bahkan nama soto pun akhirnya menjadi macam-macam. Beberapa soto yang pernah saya makan adalah soto Kudus, soto Semarangan, soto banjar, soto pekalongan atau soto Tauco. Nah, dari namanya saja sudah bikin pusing kan?

Favorit saya tetap di SOTO KUDUS mix SOTO SEMARANGAN.


Yeay...

Maaf ya, saya memang asli anak Kudus, ada blasteran Arab Chinanya!

Jadi cita rasa soto yang saya kagumi adalah soto dengan kuah yang bening, ada bihunnya, taoge, dengan siraman kecap manis. Ditambah perasan jeruk nipis sedikit dan dipadukan dengan sedikit sambal. Mantaaap!

Tapi  mohon maaf, sebenarnya yang bikin enak soto adalah kuah dagingnya dan beberapa irisan lembut daging sapi atau kerbaunya.

Buat para penggemar FC, makan soto berisikan daging ini pantang banget. Harus diganti sama sayuran atau protein nabati, semisal tempe atau tahu. Tapi sampe April 2019 ini, saya masih belum sanggup untuk mengganti nasinya huhu. Duh kok malah curhat!

TUMIS CUMI ASAM MANIS


Saus hitam yang berasal dari tubuh cumi ini sebenarnya yang bikin ketagihan sama cumi! Beneran, dulu jaman kecil, aku kurang suka sama cumi. Menurutku saus hitamnya ini aneh! Tapi setelah lidah berpetualang ke mana-mana, saus hitam cumi dan kelembutan daging cumi ini selalu pengen kekepin cumi dalam freezer!

Padahal cuma berbumbu bawang putih dan lombok hijau, tapi bisa bikin tumisan cumi nambah nasi lagi, nambah lagi.

KETUPAT TAHU


Jadi kangen euy sama ketupat tahu! Sayang banget, di Kudus adanya lontong tahu. Meskipun sama-sama ada tahunya tapi ketupat tahu lebih banyak sayurannya kayaknya. And ya, sebenarnya saya ini penggemar sayur-sayuran.

Makanya perpaduan kecap manis dan beberapa sayuran ini selalu bikin kangen Bandung, eh kangen sama ketupat tahu maksudnya.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan favorit, seperti tulisannya Mbak Arin, Makanan dan Minuman Favorit Orang Indonesia.

Tapi karena belum banyak gambar yang dimiliki, saya putuskan untuk menulis 3 dulu ya. Nanti kita update kalau ada tambahan. 

Komentar

  1. Aku belum berani makan cumi, karena seperti udang, aku alergi cumi. Padahal enak ya kelihatannya.
    Soto kudus aku suka. Kalau kupat tahu, itu favoritnya Pak Yopie.
    Jadi nanti kalau kita ketemu lagi, jajan Soto aja yaa...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer